Hijrah Bandung-Yogyakarta

Perjalanan dalam kisah ini tidak begitu lama, tapi juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Saat ini sedang dalam proses penyelesaian. Mohon doanya.
Setiap hal yang berawal dari mimpi dan harapan, lambat laun menjadi kenyataan. Kenyataan yang harus dijalani. Pada saat itu mimpi saya adalah kuliah dan harapan saya adalah Maha Pencipta. Mendekatkan diri pada-Nya, berserah dan bersujud pada-Nya. Mimpi itu diperkuat dengan doa-doa. Doa orangtua, guru, teman, bahkan orang yang sekedar berpapasan di mushola atau berpapasan dalam angkutan umum. Sungguh luar biasa, jika ini memang hanya tentang keberuntungan, maka saya bilang ini kehendak Allah. Ketika Dia berkata “jadilah” maka “jadilah”. Luar biasa bukan? Alhamdulillah mimpi itu terwujud dengan disertai usaha tentunya. Terimakasih teruntuk guru-guru semasa SMA yang begitu murah senyum, begitu perhatian, pun begitu tegas yang membuat saya belajar semakin bijak dalam menghadapi ujian. Semoga ilmu dan amal kalian menbawa berkah dunia akhirat. Aamiin Yaa Rabb.
Dibawah ini adalah sebuah tulisan yang begitu menginspirasi:

Orang berilmu dan beradab tidak akan diam dikampung halaman
Tinggalkan negerimu dan merantaulah ke negeri orang
Merantaulah, kau kan dapatkan pengganti kerabat dan kawan
Berlelah-lelahlah, manisnya hidup terasa setelah berjuang

Aku melihat air menjadi rusak karena diam tertahan
Jika mengalir menjadi jernih,jika tidak, kan keruh menggenang

Singa jika tak tinggalkan sarang tak akan dapat mangsa
Anak panah jika tidak tinggalkan busur tak akan kena sasaran

Jika matahari di orbitnya tidak bergerak dan terus diam
Tentu manusia bosan padanya dan enggan memandang

Bijih emas bagaikan tanah biasa sebelum jadi tambang
Kayu gaharu tak ubahnya seperti kayu biasa jika didalam hutan

Imam Syafii' (767-820M)

Setiap hal adalah perpindahan dan perubahan. Kata “hijrah dalam kbbi.web.id adalah perpindahan Nabi Muhammad saw. bersama sebagian pengikutnya dari Mekah ke Medinah untuk menyelamatkan diri dan sebagainya dari tekanan kaum kafir Quraisy, Mekah; 2 berpindah atau menyingkir untuk sementara waktu dari suatu tempat ke tempat lain yang lebih baik dengan alasan tertentu (keselamatan, kebaikan, dan sebagainya). Dalam hal ini perpindahan saya adalah dari Kota Bandung menuju Kota Yogyakarta. Ketika orang-orang bertanya sebuah alasan, kenapa harus ke Yogya? Jujur saya pun tak punya jawaban pasti. Namun saat ini, jika saya merayu “Saya tidak akan bertemu kamu, kamu, dan kamu. Dan yang lebih baik dari itu saya belajar hidup. Hidup untuk sederhana, hidup untuk bersama, hidup tidak selamanya karena akan kembali pada-Nya.” itu hanya kata-kata yang saya rangkai saat ini, menurut kenyataan J.
Perjalanan yang sungguh luar biasa bagi saya. Saya tidak hidup sendiri. Ketika saya meninggalakan keluarga kandung, maka saya bertemu dengan keluarga seperjuangan. Keluarga kos anisa, keluarga di organisasi yang saya ikuti, bahkan keluarga yang pintu rumahnya saya ketuk dipagi hari. Saya menemukan saudara ketika saya dalam keadaan bingung. Saya menemukan kakak yang mengingatkan saya untuk menjaga diri. Saya menemukan orangtua diantara mereka yang diam-diam menunggu saya pulang kos ketika mulai malam. Indah bukan? indah kawan. Mulailah dengan bismillah biar berkah. Saya juga sedang belajar, mulai mempertahankan, mulai memperbaharui.
Saya ingin kalian bermimpi. Mulai mendoakan, mulai mewujudkan. Jangan malu untuk menyatakan pada orang lain. Karena doa diantara mereka adalah salah satu cahaya yang menghantarkan mimpi itu. Dan ketika Allah berkata “Jadilah” maka Alhamdulillah. Jika mimpi itu belum terwujud kawan, jangan berkecil hati. Kita bisa menjadi luar biasa dengan cara yang berbeda, dengan jalan yang berbeda, dan yang lebih penting bukan karena pandangan manusia.

Sepertinya hal-hal detail akan saya ceritakan dilain post. Apabila ada kesalahan, mohon dimaafkan dan diingatkan. Terimakasih untuk hadir, untuk singgah. Semoga bermanfaat meski hanya sekalimat. 
Selamat berjuang kawan~~

Comments

Popular posts from this blog

"Tentang Kamu" Tere Liye

Andai...

Perjalanan, Hidup